Cara Agar NISN Bisa Masuk ke Aplikasi Dapodik


 Sahabat Zadamedia yang baik, update terbaru Pada dapodikdasmen versi 2016 ini banyak perubahan yang dilakukan oleh pengembang. Salah satunya adalah hal penting tentang NISN Peserta Didik (PD). yang jelas lumayan lebih ribet dikit (gkgkgkggk)  menurut buku panduan dapodikdas versi 2016, proses memasukkan NISN ke aplikasi adalah dengan cara sinkronisasi. Sinkronisasi sebagaimana  kita tahu, adalah proses pengiriman data dan penarikan data.

Tak usah panjang lebar, bagaimana proses NISN agar bisa masuk ke aplikasi?????

Berikut penjelasan alur masuknya NISN dari Arsip NISN ke Aplikasi Dapodikdas (Lokal)

1. Input data PD di Aplikasi dan sync ke server dapodik, 1x24 jam lgsg masuk ker server vervalpd.data.kemdikbud.go.id (kalau server normal)

2. Selesaikan vervalpd smpai pada tahap konfirmasi data (sampai kosong)

3. Dalam 1x24 jam (kalau server normal) dan jika lagi tidak normal bisa berhari-hari hehehe, setelah melakukan verval PD (tidak usah konfirmasi lagi seperti versi sebelumnya)  di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id  maka akan langsung masuk ke progres data  (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id)

4. Silahkan melakukan pengecekan ke profil sekolah masing2 (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) >>> klik progres data>> klik Propinsi >> klik Nama kabupaten >> pilih Kecamatan >> silahkan klik nama Sekolah anda >> Klik login Opsek  di pojok kiri atas>> cek Tab data Siswa. seperti gambar dibawah ini
NISN hasil verval sudah masuk di progress data 

5. Apabila sudah ada NISN di tab siswa tadi sesuai dengan jumlah PD, silahkan melakukan synchronize maka otomatis data NISN akan langsung turun ke Lokal (Aplikasi Dapodikdas)

Ket: Sementara Server hanya melayani synchronize data 1 arah (dari dapodik ke server) untuk yang dari server ke dapodik smbil menunggu info lebih lanjut dari Pusat.

Jika dengan proses sinkronisasi belum berhasil masuk ke aplikasi, Anda bisa mencoba alternatif lain yaitu dengan cara instalasi ulang aplikasi, dan generate ulang prefill dapodik.dan ada juga teman-teman Opsek lainnya yang memasukan manual dengan melihat NISN di Verval PD dulu.


>>>Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet, WA, GPlus atau medsos lainnya Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Googl>>>
Share on Google Plus

About zadamedia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment