Medsos LINE Ikut Perangi LGBT di Indonesia


Zadamedia-Selain banyaknya spam terkait voucher brand tertentu, Media sosial LINE juga diguncang kabar tidak mengenakkan lainnya. Hal ini terkait isu yang sangat sensitif di Indonesia, yaitu LGBT.

Ini terkait ditemukannya beberapa stiker yang dianggap bertentangan dengan nilai-nilai sosial di Indonesia yang sedang menuai pro-kontra diberbagai kalangan.

Kami membaca kabar kurang mengenakkan terkait LINE Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari pemberitaan sebuah media nasional terkait keberadaan stiker bertema sensitif yang di jual di LINE, yaitu bertema LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transseksual).

Seperti yang kita ketahui, isu cinta sejenis ini tengah menjadi sorotan kembali setelah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, melarang LGBT di kampus. Di tengah perdebatan yang belum reda tersebut, ternyata ditemukan stiker yang mengangkat isu sensitif tersebut di Sticker Shop LINE.

“LINE menghargai sekali semua masukan dari para pengguna dan pihak-pihak terkait mengenai fitur dan produk kami dan kami sadar betul betapa sensitifnya isu LGBT di Indonesia,” kata Head of Public Relations Line Indonesia, Teddy Arifianto, ungkapnya seperti yang dilansir gadgetplus.

Namun secara global, LINE harus netral dan tidak diskriminatif terhadap kelompok masyakarat tertentu. Tapi di sisi lain, LINE tentu melakukan penyaringan terhadap konten-konten yang sensitif dari perspektif budaya dan kearifan lokal, dan dalam hal ini, isu LGBT di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk memastikan LINE sebagai aplikasi di mana semua orang dapat menikmati dan menggunakannya dengan nyaman. Saat ini kami sedang berupaya melakukan koordinasi untuk menyelesaikan masalah ini dan menarik seluruh stiker LGBT dari pasar Indonesia,” sambung Teddy.

Disamping itu, pihaknya sudah mulai melakukan penarikan stiker tersebut dan diharapkan dapat selesai pada pekan ini. Tedy pun menambahkan bahwa para desainer stiker yang karyanya ditarik pun sudah diberikan pemahaman dan mereka setuju pada kebijakan pihak LINE. (tmr/kzr/azm)
Share on Google Plus

About zadamedia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment